Teks Eksplanasi : PEMBOROSAN DI SMAN 49 JAKARTA


Pemborosan di SMAN 49 Jakarta

  Kelas XI MIPA 1
- Fitria Ndari Saputri (11)
- Nadya Sari (22)
- Nazilha Khoerunnisa (24)
- Nila Aullia Sari (25)

        Pemborosan adalah tindakan membuang atau menggunakan sesuatu secara berlebihan sama dengan efektif tetapi tidak efisien, berlawanan dengan konsep ekonomi. Permasalahan sosial ini sudah sangat sering dibicarakan oleh masyarakat khususnya warga SMAN 49 Jakarta. Tetapi, topik tentang pemborosan ini hanya dianggap angin lalu oleh beberapa orang. Nyatanya, di SMAN 49 Jakarta ini masih sering kita temui keran air yang menyala padahal ember di bawahnya sudah penuh dengan air. Bukan hanya air, penggunaan listrik di SMAN 49 Jakarta juga bisa dikatakan boros. Sering kali lampu di ruang kelas tetap menyala padahal hari sedang terik-teriknya.

Image result for foto air

                Keberadaan air dan listrik seringkali dianggap tidak terbatas, padahal kenyataannya tidak demikian, mengapa? Karena tidak semua air dan sumber listrik yang ada di bumi dapat langsung dipergunakan, untuk itu kita perlu menghemat atau menggunakan air dan listrik secara bijak.
                Faktor pemborosan terjadi di SMAN 49 Jakarta tidak sepenuhnya kesalahan warga SMAN 49 Jakarta. Faktor fasilitas juga menjadi salah satu penyebab pemborosan terjadi. Di toilet perempuan lantai 2, keran air yang ada di bilik pertama tidak dapat tertutup rapat. Begitu juga dengan beberapa wastafelnya. Di toilet perempuan lantai 3, saluran pembuangan wastafelnya tidak ada. Sehingga air buangan wastafel akan menggenang di ember yang ada di bawahnya.

Image result for foto listrik                Begitu pula dengan penggunaan listrik. Seringkali kita temui lampu di ruang kelas yang masih menyala. Bahkan hingga bel pulang berbunyi, lampu tersebut masih menyala. Mematikan lampu bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas piket kelas ataupun petugas kebersihan sekolah, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga SMAN 49 Jakarta.
                Oleh karena itu, kita sebagai warga SMAN 49 Jakarta harus semakin sadar akan hal-hal kecil yang dapat berdampak besar pada lingkungan.

Comments